Perasaan Pecinta Bola Tanah Air mengenai Shin Tae-Yong, Cinta atau Benci?

BB88- Perjalanan Timnas Indonesia pada Piala AFF 2023 telah selesai, namun topik seputar pelatih Tim Nasional Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae-Yong, masih saja menjadi perbincangan hangat para football lovers tanah air.

Namanya membuat klub pecinta bola Indonesia terbelah menjadi dua kubu. Kubu yang mendukung Shin Tae-Yong dan kubu yang menginginkan Shin Tae-Yong digantikan dengan pelatih lain.

Dibawah bimbingan Shin Tae-Yong, performa Timnas Indonesia pun melesat dengan cepat. Contohnya:

1. Timnas Indonesia U-20 tampil di Final Piala Asia U-20 2023

Shin Tae-yong sukses mengantar Tim nasional Indonesia U-20 maju ke perputaran final Piala Asia U-20 2023. Kesuksesan itu didapatkan setelah Garuda Nusantara -julukan Tim nasional Indonesia U-20, menaklukkan Vietnam pada pertandingan terakhir Group F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

2. Timnas Indonesia Lolos Piala Asia 2023

Shin Tae-Yong berhasil bawa Tim nasional Indonesia mencatat riwayat dengan maju ke Piala Asia 2023 sesudah terakhirnya pada 2007 lalu. Shin Tae-yong membuat surprise saat membungkam tuan-rumah Kuwait dengan score 2-1. Kemenangan ini memutus rekor 42 tahun Tim nasional Indonesia tidak pernah menang atas Kuwait.

3. Peringkat Dunia Indonesia Meningkat

Shin Tae-Yong sukses tingkatkan rangking FIFA Tim nasional Indonesia sampai lumayan tinggi. Awalannya ada di status 175 di rangking dunia, tapi berdasar rangking FIFA terkini Indonesia sah ada di posisi ke-152. Tim nasional Indonesia sekarang ini mempunyai 1033,9 point.

4. Runner-Up Piala AFF 2020

Shin Tae-yong berhasil bawa Tim nasional Indonesia capai judul runner-up Piala AFF 2020. Walau, bukan jadi juara. Tetapi, kesuksesannya jadi runner-up Piala AFF 2020 sanggup menghancurkan peta kemampuan sepak bola di Asia Tenggara waktu itu.

Prestasi Shin Tae-Yong membuat banyak orang yakin kalau tim Indonesia dapat maju ke tingkat yang lebih tinggi dengan arahan darinya.

Meskipun begitu, ada hal yang membuat Shin Tae-Yong diharapkan untuk diganti posisinya sebagai pelatih Timnas Indonesia. Yaitu komentarnya mengenai Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada 1 Oktober 2022 tahun lalu, dimana ketua PSSI, Iwan Bule ,dipaksa berhenti dari jabatannya.

Shin Tae-Yong pun berkomentar, ” Seseorang yang sangat mencintai sepakbola Indonesia dengan kesungguhan hati dan memberikan dukungan penuh dari belakang agar sepak bola dapat berkembang adalah Ketua Umum PSSI.”.

Menurut saya, jika Ketua Umum PSSI harus bertanggung jawab atas semua yang terjadi dan mengundurkan diri, maka saya pun harus mengundurkan diri.”, tambah Shin Tae-Yong.

Komentarnya pun membuat dunia sepak bola Indonesia terguncang, sampai netizen Indonesia membuat tagar #STYstay di Twitter.

Namun tak sedikit juga yang mengkritik Shin Tae-Yong karena dianggap tidak profesional.

“Iya minggat (pergi) aja kalau tidak suka.”, “Harga Garuda di dada lebih tinggi dari apapun, nggak butuh orang yang gak bisa cinta Indonesia.”, komentar orang-orang di twitter mengenai cuitan Shin Tae-Yong.

Kekalahan Indonesia atas Vietnam pada Semifinal Piala AFF kemarin pun memperdalam masalah mengenai apakah Shin Tae-Yong akan bertahan. Namun PSSI meyakinkan bahwa Shin Tae-Yong akan tetap membimbing Timnas Indonesia sampai kontraknya habis akhir tahun 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *